1000 warga terima KIS

DistribusiKIS3
Rabu (2/12/2015); Kelurahan Kedungkandang melaksanakan pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS)  kepada lebih dari 1.000 warga  kurang mampu. Pada hari pertama, pembagian KIS dilaksanakan di Balai RW.01 Kelurahan Kedungkandang, dan berikutnya dilaksanakan di masing-masing RW sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Lurah Kedungkandang,   Dwi Patrianto, S.Psi mengungkapkan, Kartu Indonesia Sehat (KIS) menjamin dan memastikan warga masyarakat yang kurang mampu untuk mendapat manfaat pelayanan kesehatan seperti halnya yang dilaksanakan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“KIS memberikan tambahan manfaat, layanan preventif, promotif, dan deteksi dini yang akan dilaksanakan secara lebih intensif dan terintegrasi. KIS juga memberikan jaminan bahwa pelayanan oleh fasilitas kesehatan tidak membedakan peserta berdasarkan status sosial,” ungkap Lurah yang telah menjabat semenjak 16 Januari 2014.

Selebihnya ditambahkan, “Dengan adanya KIS, masyarakat yang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan akan merasakan manfaat yang sangat besar. Pelayanan yang diberikan saat menggunakan KIS di rumah sakit ataupun di puskesmas gratis”.DistribusiKIS1

“Untuk penyelenggara program dari KIS adalah BPJS Kesehatan. Jadi layanan kesehatan bagi pasien pemegang kartu lain yang dikeluarkan BPJS berlangsung seperti biasa dengan manfaat yang sama dengan pemegang KIS,” jelasnya.

1.000 lebih warga yang penerima KIS tersebar dari 7 RW di wilayah Kelurahan Kedungkandang. Mereka yang berhak menerima KIS adalah warga kurang mampu yang telah didata oleh instansi terkait.DistribusiKIS2

Selama beberapa hari  sesuai dengan jadwal yang telah diinformasikan sebelumnya, petugas dari Kantor Kelurahan mendatangi tiap RW untuk membagikan Kartu Indonesia Sehat tersebut langsung kepada warga penerima, dengan tujuan agar warga tidak perlu bersusah payah datang ke kantor Kelurahan. Cukup dengan menunjukkan bukti kependudukan (Fotocopy Kartu Keluarga), warga kurang mampu dapat menerima KIS tersebut.

[Admin]